Belajar Desain Grafis Bagi Pemula


Sebagai pemula dalam dunia desain grafis, kita akan menemui banyak kendala seperti harus memulai dari mana, harus melakukan apa dan harus kemana kita bertanya. Itu mungkin kendala yang sering di hadapi seorang pemula. Saya pun dulu juga pernah mengalaminya.

Gak usah panik! Karena di jagat maya ini banyak tersebar informasi tentang desain grafis.Tanpa perlu kursus, kamu bahkan bisa belajar sdesain grafis secara mandiri (otodidak) alias tanpa guru sekalipun untuk bisa menjadi seorang ahli desain.

Ada beberapa hal yang perlu kamu lakukan sebelum belajar desain grafis.

1. Kenali software desain apa yang akan kamu gunakan untuk membuat desain.

Ini penting agar kamu tahu software grafis apa yang cocok dan mudah untuk kamu operasikan untuk membuat sebuah desain. Berikut aplikasi yang sering digunakan untuk industri desain profesional.

Adobe Photoshop

Software pertama yang banyak digunakan dalam dunia desain grafis adalah Adobe Photoshop. Dengan Photoshop kamu dapat memanipulasi foto, mengganti latar belakang, menghasilkan gambar tiga dimensi, membuat rancangan desain web dan masih banyak lagi.

Pada awalnya kamu mungkin akan merasa sedikit kesulitan karena kamu masih asing dengan softwarenya. Namun, seperti yang telah disampaikan di atas, kamu harus memiliki yang namanya kesabaran. Perlahan tapi pasti, asalkan tekun, kamu pasti akan dapat menguasai Adobe Photoshop.


Adobe Ilustrator

Berikutnya, ada Adobe Ilustrator, sebuah software desain yang memiliki fungsi khusus untuk membuat desain vektor. Desain apa saja bisa kamu buat, selama bentuknya adalah vektor, seperti logo, animasi dan lainnya.









CorelDRAW

CorelDRAW agak mirip fungsinya dengan Adobe Ilustrator karena sama-sama dirancang untuk membuat gambar vektor, namun CorelDRAW memiliki fitur-fitur khas yang tak dimiliki oleh Ilustrator karena perancangnya berbeda.








2. Memahami tentang kategori desain.

Perlu kamu ketahui, bahwa desain grafis desain grafis terdiri dari dua kategori utama. Yaitu desain vektor dan desain raster. Desain vektor format file grafis berupa titik dan garis (logo, ikon. dsb) , sedangkan desain raster berupa titik pixel juga biasa disebut sebagai bitmap(foto atau lukisan digital).

3. Cari referensi di Youtube

Youtube memang situs video sharing, tetapi menyediakan banyak video tutorial bermanfaat seputar desain grafis yang bisa kamu tonton dan ikutisebagai referensi. Lagi pula, belajar langsung dengan instruksi video akan lebih mudah dan cepat ketimbang melalui tutorial bergambar.

4. Bergabung dengan komunitas

Gabunglah ke komunitas-komunitas desain, jika sulit menemukannya secara offline, maka carilah di facebook, banyak sekali grup desain, kita bisa belajar dari sesama anggota komunitas, biasanya mereka akan memberikan saran yang bermanfaat bagi kita. Tanyakan saja apa yang ingin kita ketahui.

Bersabar dan tetap semangat untuk belajar merupakan kunci utama untuk sukses belajar desain grafis bagi pemula. Semoga informasi ini bermanfaat untuk para desainer pemula.

Comments

  1. wah bisa belajar nich cara desain grafis gratis, he he

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts