Mengenal Desain Vektor



Kali ini saya akan membahas tentang desain vektor. Mungkin itu pertanyaan pertama yang muncul di benak Anda yang belum pernah mendengar istilah ini. Sebagai pemula kamu pasti bertanya-tanya tentang istilah ini. Namun, tidak dengan orang-orang yang sudah berkecimpung di dunia desain grafis.

Meski agak susah di jelaskan, saya sebagai penulis akan tetap menjelaskan desain vektor dengan simpel.

Desain Vektor


Desain vektor merupakan gambar digital yang berbasiskan persamaan matematis. Desain Vektor kumpulan dari titik menjadi garis atau kurva ini akan membentuki sebuah objek. Meskipun diperbesar atau diperkecil gambar tidak akan pecah. Dan ukuran file desain vektor lebih kecil bila dibandingkan dengan desain bitmap. Beberapa format desain vektor di antaranya: SVG, EPS, dan CDR.


Desain vektor lebih cocok untuk membuat membuat desain-desain yang menekankan pada soliditas bentuk dan warna, serta fleksibilitas ukuran , seperti desain logo, letterhead, kartun dan sebagainya.

Ada banyak pilihan software yang kamu gunakan untuk membuat desain vektor. Tetapi saya merekomendasikan beberpa software desain ini, seperti Adobe Illustrator, Macromedia Freehand, CorelDraw.

Semoga sedikit penjelasan tentang desain vektor dapat bermanfaat bagi yang baru belajar desain maupun yang sudah mahir.

Comments

Popular Posts